fbpx

Workshop Digitalisasi UKM Menuju Era Industri 4.0 Bersama Telkom dan Garut Kulit

“The future belongs to those who believe in the beauty of their dreams.” 
― Eleanor Roosevelt

 

Seperti pepatah yang dikatakan Elenaor Roosevelt, masa depan adalah untuk mereka yang percaya akan mimpinya. Siapa yang menyangka, bahwa dahulu kita seringkali memimpikan bagaimana digital mampu berperan dalam tiap aspek bidang kehidupan. Dan, kini impian tersebut lunas terjawab di era yang kita jalani sekarang ini.

Digital merupakan bentuk perkembangan pemikiran yang pada akhirnya bisa membantu kita dalam mencapai tujuan masa depan, sebut saja dalam aspek bisnis. Mulai dari usaha kecil, menengah, hingga tataran kelas besar, semuanya merespon perkembangan digital yang telah bergulir ini. Dan akhirnya, digitalisasi menjadi salah satu hal yang diperhitungkan dalam kesuksesan berbisnis. Internet adalah kunci!

 

Banyak pihak (pemerintah, BUMN, Swasta, Lembaga Pendidikan) mendorong pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) dapat meningkatkan daya saing dan akses pasar baik berskala domestik dan global. Untuk meningkatan akses pasar, kalangan UKM harus mengikuti perkembangan teknologi internet, perubahan era industri 4.0 dan pesatnya pasar ekonomi digital (e-commerce).

Menurut Kementerian Komunikasi & Informatika (Kominfo), dari 59,26 juta UKM Indonesia, baru sekitar 4 juta yang memanfaatkan dan menjual melalui pasar digital (e-commerce). Untuk itu, Global Entrepreneur Talent Incubator (GeTI) mengajak bersama pihak PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) untuk turut andil dalam meningkatkan kontribusi UKM Indonesia di era industri 4.0 dan e-commerce.

Workshop bertajuk “Digitalisasi Usaha Kecil Menengah (UKM) Menuju Era Industri 4.0 dan Penguatan Pemasaran Melalui E-Commerce” ini menjadi salah satu program percepatan UKM Indonesia menuju Go Online / Go Digital menuju era industri 4.0 dan e-commerce. Bertempat di Hotel Cosmo Amarrosa, Jalan Antasari Jakarta Selatan, workshop yang dihadiri puluhan peserta ini berlangsung selama 3 hari.

 

Bagaimana proses digitalisasi tersebut bisa berpengaruh besar terhadap kesuksesan UKM di Indonesia, Garut Kulit Internasional menjadi bukti nyata yang menjalankannya. CEO sekaligus founder Garut Kulit Internasional, Sumarni Rifemi, mengungkapkannya di depan para peserta workshop Digitalisasi UKM yang juga diundang sebagai speaker mewakini UKM Indonesia.

“Awalnya Garut Kulit memang belum mengoptimalkan digitalisasi untuk proses promosi dan marketing. Namun, semakin hari rasanya keputusan untuk mengubah strategi menggunakan digital tools adalah pilihan yang paling tepat. Mengingat tantangan di era masa kini yang harus ‘melek’ digital,” jelas Ani, saat ditemui terpisah selepas acara.

Memahami teknik digital marketing dalam aspek strategi promosi dan komunikasi di era digital adalah hal yang wajib untuk diketahui para penggiat UKM masa kini. Ini bukan masalah UKM daerah ataupun ibukota, karena semuanya memiliki kesempatan yang sama untuk maju dengan proses digitalisasi ini.

 

Untuk itu, dengan adanya workshop ini, diharapkan para pengusaha UKM mulai menggiatkan membuka diri akan digitalisasi di era industri 4.0. Pelan tapi pasti, kesuksesan akan bisa dicapai. Jangan pernah berhenti untuk belajar,karena berbisnis adalah bentuk usaha yang tiada kenal lelah untuk terus menggali ilmu. Welcome to 4.0 digitalism era!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Quick Shop
Open chat