fbpx

Sosok Sumarni Rifemi Mulai Bangun Properti Real Estate di Garut Sejak Muda

Kira-kira wanita yang berusia 27 tahun sudah merencanakan apa saja ya? Berbeda dengan wanita kebanyakan, Sumarni Rifemi, @sumarni.rifemi wanita kelahiran asli Garut ini sudah merencanakan untuk bisnis properti. Tidak tanggung-tanggung usaha yang dirintis bersama suaminya itu bergerak di bidang real estate dengan harga Milyaran rupiah untuk di jual di kawasan strategis di kota Garut, The Kiara Estate @thekiara.estate.

Dari usia 27 tahun Ani, panggilan akrabnya, sudah mulai sedikit demi sedikit membebaskan tanah yang akan dijadikan lokasi pembangunan real estate. “Saya memilih lokasi tersebut karena lokasi tersebut sangat strategis, dekat dengan sekolah, pusat perbelanjaan dan perbankan. Hanya perlu jalan kaki untuk ke perempatan sukadana, jadi lokasinya sangat menarik sekali untuk investasi”, jelas Ani kepada tim infogarut. Beruntungnya, lokasi yang akan dijadikan pembangunan @thekiara.estate ini akan hanya berjarak 500 meter dengan pintu tol Cigatas.

Tidak memiliki latar belakang keluarga pengusaha, Ani dan suamianya memulai usaha bersama dari nol. “Saya dan suami sama-sama kerja di perusahaan perminyakan asing, lalu 2016 setahun setelah menikah saya memilih untuk fokus untuk mengurus usaha saya @garutkulit. Suami saya tetap lanjut kerja di Abu Dhabi. Sempat down karena penghasilan saya dari usaha jauh lebih kecil dibanding saya kerja di perusahaan perminyakan asing”, kata Ani.

Walaupun sempat stress, Ani tetap menekuni usahanya dengan serius. Hingga sekarang Garut Kulit sudah mengekspor produk-produk kulit ke 5 benua. “Tidak mudah untuk anak perminyakan move on dari kemewahan fasilitas yang diberikan perusahaan” pungkas wanita yang lulus dari ITB tahun 2012 ini.

Berbekal pengalaman merintis usaha di bidang ekspor kulit, Ani terjun langsung di usaha real estatenya ini. Dengan konsep perumahan kontemporer pertama di kota Garut, @thekiara.estate memiliki cita rasa yang tinggi. Owner milenial ini memikirkan detail-detail fungsi dan estetika seperti kabel listrik bawah tanah hingga memikirkan banker sampah tersembunyi untuk estetika.

Sekarang @thekiara.estate sudah pada tahap cut and fill, diperkirakan rumah contoh akan selesai dibangun pada awal tahun 2021.

 

Sumber: IG @infogarut

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Quick Shop
Open chat