fbpx

Sejarah Jaket Kulit Garut Yang Belum Diketahui

Sebelum maraknya penggunaan Jaket Kulit Garut yang begitu populer pada masa kini, jenis jaket kulit pertama kali digunakan oleh anggota militer dan para penerbang pada tahun 1900 silam. Mereka menggunakannya sebagai penghangat dan juga pelindung pada cuaca dingin atau pada saat penerbangan ketika mencapai ketinggian tertentu.

Jaket kulit yang sering mereka gunakan dikenal sebagai ‘Jaket Bomber’ pada perang dunia II. Pembuatan jaket pada masa ini masih menggunakan kulit domba yang masih utuh bulunya yang diletakan di bagian dalam jaket untuk menambah kehangatan serta melindungi tubuh dari berbagai benturan, serangga, angin, maupun gesekan benda lain ke kulit secara langsung.

Jaket kulit kemudian menjadi lebih populer ketika digunakan sebagai seragam oleh beberapa angkatan militer dunia.

Sementara itu, kota Garut tidak hanya terkenal dengan makanan khas dodol Garut serta daerah sentra penghasil batik tetapi juga sebagai daerah sentra penghasil ternak domba, tepatnya di daerah Sukaregang. Kemudian, sebagian masyarakat berinisiatif untuk tidak hanya memanfaatkan daging domba sebagai bahan konsumsi, tetapi juga memanfaatkan kulitnya sebagai bahan dasar jaket kulit.

Pembuatan produk dari kulit domba di daerah ini berlangsung secara turun temurun. Hingga akhirnya daerah ini berhasil membuat Kota Garut memiliki sentra produksi/ pembuatan jaket kulit terbesar di Indonesia, yang terkenal dengan sebutan jaket kulit asli Garut Sukaregang.

Pemanfaatan kulit domba pun semakin berkembang dan menghasilkan produk seperti sepatu kulit, topi kulit dan asesoris lainnya walaupun jaket kulit masih lebih unggul.

Pada perkembangan selanjutnya, kegunaan jaket kulit pun mulai berubah fungsi, yang tadinya hanya sebagai penghangat menjadi sebuah mode/trend dari gaya pakaian/fashion.

Pembuatan bahan jaketnya pun terbuat dari kulit domba dengan kualitas super yang dapat menjaga ketahanan dan keawetan jaket tersebut. Sehingga, kualitas produk daerah Garut ini tidak kalah saing dengan produk serupa dari daerah lain di Indonesia maupun di luar negeri.

Model jaket kulit Garut pun mulai berkembang sesuai dengan perkembangan mode pakaian/fashion saat ini. Produk ini tersedia untuk pria dan wanita dalam beberapa ukuran mulai dari S sampai dengan XXL, dengan ukuran standard M. Produk ini juga kini tersedia dalam berbagai pilihan warna yang sangat elegan dan variatif cocok untuk pria dan wanita.

Source : https://www.goodnewsfromindonesia.id/2019/08/23/sejarah-jaket-kulit-garut-yang-belum-anda-ketahui

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Quick Shop