fbpx

Perusahaan, Desainer, Hingga UKM Indonesia Bantu Produksi Masker Dan APD

Pandemi Covid-19 telah menjalar ke berbagai belahan negara. Berawal dari Wuhan, Cina, virus ini kian menyerang benua lainnya seperti  sebagian besar Asia, Amerika dan Eropa. Kecepatan penyebarannya pun tidak main-main, terhitung setiap harinya selalu bertambah pasien-pasien yang terjangkiti oleh Covid-19. Tak ayal, sektor medis di tiap negara sangat kelimpungan.

Sebut saja Indonesia yang sudah kadung terkena dampak Covid-19 sejak awal Maret lalu, kini jumlah penderitanya telah mencapai ribuan orang. Kesediaan peralatan medis yang tidak memadai mengharuskan Pemerintah berpikir cepat menanggapi kebutuhan primer di situasi seperti ini. Belum lagi kelakuan para tengkulak bandel yang dengan sengaja menjual kebutuhan medis lewat harga yang fantastis. Dari mulai masker, sarung tangan medik, baju APD, hingga termometer pun dinaikkan harga sesuka hati mereka. Sungguh di manakah perikemanusiaan kalian?

Untuk itu, kelangkaan peralatan medis ini menjadi tantangan bagi para pengusaha UKM dan brand besar untuk berperan serta membantu pemerintah demi kesiapan sektor medis mengatasi wabah COvid-19 ini. Hal ini sudah dimulai oleh tim dari Anne Avantie yang bersedia mengalihfungsikan tim workshop fesyennya untuk mengerjakan produk APD demi kebutuhan medis Rumah Sakit di Indonesia. Namun, Bunda Anne Avantie tidak akan menjual hasil produksinya tersebut, melainkan akan menyalurkannya untuk pihak RS yang mengajukan surat permohonan bantuan APD kepadanya. Sungguh patut diacungi jempol!

Tak hanya itu, PT Sritex juga gencar membantu dengan memproduksi masker dan APD untuk kebutuhan pemerintah. PT Sritex telah dikenal sebagai brand terkemuka untuk pengadan seragam tentara dan prajurit untuk berbagai negara. Belum lagi dengan bantuan para UKM daerah yang sukarela memproduksi masker kain untuk kebutuhan masyarakat. Sesuai dengan anjuran pemerintah, masker kain bisa menjadi alternatif antisipasi penyebaran virus lantaran langkanya masker medis yang notabene dibutuhkan oleh tenaga medis.

Semoga, dengan peran serta masyarakat, para pelaku usaha, dan pemerintah, wabah Covid-19 ini bisa teratasi. Memang tidak ada yang pernah siap akan situasi ini, namun kiranya kita juga harus siap waspada tanpa panik berlebihan. Karenanya, pemerintah pasti mengusahakan segala cara agar kita aman. Jangan lupa untuk melakukan pola hidup bersih sehat dan ikuti anjuran WHO demi mengurangi penyebaran wabah ini. Mari, Indonesia pasti bisa!

Photo Courtesy: tempo.com dan detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Quick Shop